Minggu, 17 November 2013

STIMULASI TERBAIK SAAT SI KECIL MULAI ‘LIHAI’ BICARA

Menurut psikolog, masa usia 3-4 tahun adalah masa emas anak dalam meningkatkan kemampuan bahasanya. Konon perbendaharaan kata-katanya akan meningkat sampai 4 kali lipat! Bahkan tanpa Anda sadari si kecil sebenarnya mampu menyerap 9 kata baru setiap harinya. Sebagai orang tua, tentunya Anda tak ingin melewatkan kesempatan ini kan? kalau begitu, coba simak tips berikut agar Anda bisa memberikan stimulasi yang tepat untuk sang buah hati!

Acara TV yang Baik, Bisa Jadi Guru yang Tepat

Pengamatan si kecil di masa ini terhadap lagu yang didengar dan program televisi yang ditontonnya semakin kritis. Mabel Rice, profesor bidang kesulitan bicara dan psikologi anak di Universitas Kansas mengatakan, acara televisi yang baik dapat menjadi guru yang tepat bagi anak untuk mengenal kata-kata baru. Jadi, pilihlah program televisi anak yang berguna untuknya. Kalau perlu dampingi si kecil saat menonton , sehingga bila ada sesuatu yang membingungkannya, Anda bisa langsung menjelaskan.

Sering Mengajaknya Mengobrol

"Sebaiknya orang tua sesering mungkin mengajak anak berbicara untuk mengasah kemampuannya" ujar Elizabeth Bates,PhD, professor bidang psikologi di University of Caifornia. Terutama mengingat kemampuan setiap anak bicara tidaklah sama. Lakukan pembicaraan dalam waktu yang tidak sekedar singkat saja, agar anak terlatih untuk berkosentrasi pada topik yang dibicarakan.

Jaga Ucapan Anda

Pada masa ini si kecil juga menyerap dan mengamati pembicaraan orang-orang dewasa yang ada di sekitarnya. Ia akan cepat menangkap kata-kata yang Anda ucapkan. Jadi jaga ucapan Anda bila Anda tidak mau si kecil meniru kata-kata yang tidak baik.
Bacakan Cerita Menarik
Banyak cerita menarik yang bisa Anda dapatkan di buku dongeng untuk anak. Cobalah untuk membahasnya setelah Anda membacakannya. Beritahu ia pesan moral di balik cerita tersebut. Lalu mintalah si kecil untuk menceritakan kembali apa yang telah Anda ceritakan

0 komentar:

Posting Komentar